Standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan kualifikasi
kemampuan minimal peserta didik siswa yang menggambarkan penguasaan
pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa
dan sastra Indonesia.
Standar kompetensi ini adalah dasar bagi
peserta didik untuk memahami dan tanggap situasi lokal, regional,
nasional, dan global serta dapat ditrapkan dalam kehidupan sehari -
hari.
Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan
kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia
dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan
apresiasi terhadap hasil karya sastra manusia Indonesia.
Berikut beberapa kumpulan RPP lengkap dari SD, SMP maupun SMA. Lihat dibawah:
- RPP Bahasa Indonesia SD Kelas 1-6 Semester 1
- RPP Bahasa Indonesia SD Kelas 1-6 Semester 2
- RPP Bahasa Indonesia SMP Kelas 7, 8 dan 9 Semester 1
- RPP Bahasa Indonesia SMP Kelas 7, 8 dan 9 Semester 2
- RPP Bahasa Indonesia SMA Kelas 10, 11 dan 12 Semester 1
- RPP Bahasa Indonesia SMA Kelas 10, 11 dan 12 Semester 2
Gambaran dari RPP tersebut adalah
A. Standar Kompetensi
8. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk pantun anak.
B. Kompetensi Dasar
8.3 Membuat pantun anak yang menarik tentang kepatuhan sesuai dengan ciri-ciri pantun.
C. Indikator
Membuat pantun anak sederhana
Menjelaskan ciri-ciri pantun
Membacakan pantun anak yang telah dibuat dengan lafal dan intonasi yang sesuai
D. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat membuat pantun yang menarik sesuai dengan ciri-ciri pantun.
E. Materi
Pantun anak.
F. Metode Pembelajaran
Ceramah
Kerja kelompok
Tanya jawab
Pemberian tugas
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal (15 menit)
Salam pembuka / berdoa
Apersepsi
Pemberian motivasi pembelajaran
Menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti (75 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Guru menjelaskan ciri-ciri pantun dengan memberi contoh pantun anak tentang disiplin yang terdiri empat baris. Kemudian, pada suku kata akhir setiap baris pantun diberi garis tebal sebagai ciri pantun.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Siswa mengidentifikasi ciri-ciri pantun serta maknanya sambil mendengarkan penjelasan guru.
Siswa mencoba menyimpulkan ciri-ciri pantun bersama kelompoknya.
Siswa menyusun pantun acak menjadi pantun yang padu dan salin di buku tugas.
Siswa menyempurnakan pantun-pantun dengan memilih pasangan yang tepat.
0 Response to "Contoh RPP Bahasa Indonesia SD, SMP dan SMA Kurikulum 2013 Lengkap"
Posting Komentar