Contoh RPP Bahasa Indonesia SD, SMP dan SMA Kurikulum 2013 Lengkap

Standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik siswa yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia.

Standar kompetensi ini adalah dasar bagi peserta didik  untuk memahami dan tanggap situasi lokal, regional, nasional, dan global serta dapat ditrapkan dalam kehidupan sehari - hari.

Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya sastra manusia Indonesia.

Berikut beberapa kumpulan RPP lengkap dari SD, SMP maupun SMA. Lihat dibawah:

DOWNLOAD FILE RPP:
Gambaran dari RPP tersebut adalah

A. Standar Kompetensi

8.    Menulis

Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk pantun anak.


B. Kompetensi Dasar

8.3 Membuat pantun anak yang menarik tentang kepatuhan sesuai dengan ciri-ciri pantun.


C. Indikator

    Membuat pantun anak sederhana
    Menjelaskan ciri-ciri pantun
    Membacakan pantun anak yang telah dibuat dengan lafal dan intonasi yang sesuai

D. Tujuan Pembelajaran

    Siswa dapat membuat pantun yang menarik sesuai dengan ciri-ciri pantun.

E. Materi

Pantun anak.


F. Metode Pembelajaran

    Ceramah
    Kerja kelompok
    Tanya jawab
    Pemberian tugas

G. Langkah-langkah Pembelajaran


Kegiatan Awal (15 menit)

    Salam pembuka / berdoa
    Apersepsi
    Pemberian motivasi pembelajaran
    Menjelaskan tujuan pembelajaran

Kegiatan Inti (75 menit)

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

Guru menjelaskan ciri-ciri pantun dengan memberi contoh pantun anak tentang disiplin yang terdiri empat baris. Kemudian, pada suku kata akhir setiap baris pantun diberi garis tebal sebagai ciri pantun.

Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

    Siswa mengidentifikasi ciri-ciri pantun serta maknanya sambil mendengarkan penjelasan guru.
    Siswa mencoba menyimpulkan ciri-ciri pantun bersama kelompoknya.
    Siswa menyusun pantun acak menjadi pantun yang padu dan salin di buku tugas.
    Siswa menyempurnakan pantun-pantun dengan memilih pasangan yang tepat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh RPP Bahasa Indonesia SD, SMP dan SMA Kurikulum 2013 Lengkap"

Posting Komentar